Sauting! Sauting!

Kali ini gue akan menulis tentang apa yang gue masak kemarin sore, yaaahhh tumis-tumis aja sih. Demi meningkatkan ability gue dalam masak memasak untuk menu sehari-hari. Siapa tau kelak bisa nyenengin suami gue nantinya, ahhhaaeeeyyy!

Kemarin sore itu gue masak tumis jagung manis, buncis, jamur tiram ma sayap ayam dua. Kasihan aja gitu kalo cuma make sayap ayamnya 1. Secara tiap tubuh ayam kan normalnya punya sayap dua (garing!)

Bahan-bahan apa saja yang diperlukan? Jelaslah ada:

  • Jagung manis, pas beli di tempat mbak Wanti (warung deket rumah yang menyediakan kebutuhan sehari-hari) sebungkus isinya 3 tongkol jagung manis harganya 5000. Untuk menumis kemarin, gue pake 2 buah aja sih. Kalo dipake 3-3 nya ntar kebanyakan. Gue kan di rumah sendirian. Nah, tuh jagungnya dipipil atau dipipil aja sreeettt pake pisau, biar cepet.
  • Buncis, kemarin gue beli 500 aja, tapi dapetnya banyak banget. Dari mungkin ada 20 buah buncis, gue pake 9 buah ajah terus diiris tipis-tipis. Namanya juga mo ditumis, yang tipis dong. 
  • Jamur tiram, pas gue beli sebungkus harganya 1000, ada berlembar-lembar jamur tiram masih seger. Cukuplah buat campuran tumisan. Nih jamur dicuci dulu. Kalo udah, ini kan namanya jamur tuh, kan udah dicuci, taruh di tempat yah bisa mangkuk, tuang pake air panas, yahhh biar jamurnya pada mati gak berkembang biak, hehehe teori yang aneh sih. Tapi kan gak papa, antisipasi sakit perut. Sebelum direndam pake air panas, disuwir-suwir dulu.
  • Sayap ayam seperempat kilo sebungkus, isinya 4 sayap. Sayap ayam ini dicuci dulu, terus direbus sampae airnya mendidih. Diemin aja. Karena gue makenya cuma 2, sisanya gue simpen dikulkas, buat masak besoknya atau kapan.
Masakan biar enak ya dikasih bumbu. Bumbu untuk tumisan ini gue pake:

  • 5 siung sedang bawang putih, diiiris-iris tipis
  • 5 siung sedang bawang merah, diiris-iris tipis
  • 5 cabe rawit merah, iris kecil-kecil
  • 1 cabe merah besar, iris kecil-kecil
  • Seperempat trasi yang sachetan itu
  • Garam sepasnya
  • Sesendok makan saus tiram
  • Sesendok makan kecap manis (kali ini gue gak pake gula)
Cara masaknya iiihhh simple banget tau...
  • Yang pertama tentunya, siapan wajan yang bersih ma spatulanya taruh atas kompor. Tuang sedikit minyak buat numis bumbu. Nyalakan kompor.
  • Selanjutnya, kalo minyak sekiranya udah panas, masukin tuh tadi bumbu yang udah diiris-iris. Ada bawang putih, bawang merah, cabe rawit ma cabe merah, terus seperempat trasi sachetan itu dilembutin pake tangan aja sampae jadi bubuk terus dipyur-pyurin di atas bumbu yang lain. Tumis-tumis sampae harum.
  • Kalo udah wangi, masukin jagung manis yang udah dipipil, buncis yang udah diiris tipis, suwiran jamur tiram  yang udah direndem tadi, gak lupa ayamnya juga. Ditumis-tumis, biar gak lengket, biar ada airnya dikit, pakelah yah segelas kaldu ayam dari rebusan sayap ayam tadi. Ditumis-tumis lagi.
  • Terus, pyur-pyurin garem kira-kira aja, kalo udah yakin pas and bakalan enak ya udah. Tambahin saus tiram ma kecap manisnya. Tunggu sampae matenglah. Gak lupa dirasain juga. 
  • Udah yakin pas, mateng deh. Matiin kompor.

Dan hasilnya nih,
Itu sayap ayamnya gue potong-potong dan itu juga satu-satunya wajan yang gue punya sampae saat ini :)

Rasanya nyam-nyam! Enak tau! Pengennya sih gue pake udang kecil-kecil gitu karena gak ada ya udah pake pyur-pyuran terasi aja.

No comments:

Post a Comment