My Left Eye is Timbilen?!

This image was taken from here!
Hey boys and girls! Have you ever heard a word 'timbilen'?
If you haven't heard before, hmm poor you!

Hehe sejak kemarin mata kiri saya lagi timbilen nih!
Waktu masuk kelas, salah satu murid saya begitu ngelihat mata saya langsung nyeletuk
"Wuaaaaa Bu Arin timbilen! Pasti bu Arin habis ngintip orang mandi!"
Whattttz! Kurang kerjaan amat, masa bu guru ngintipin orang mandi...

Lain lagi dengan penjaga sekolahan, begitu melihat saya:
"Mripatmu wi ngopo? diuyuhi coro mesti!"
(terjemahan: Mata kamu itu kenapa? Dipipisin kecoa pasti!"
Yaelah.... iiihhh cecunguk! Meuni suka-suka deh, masak pipis di mata orang....

Iya sih, nih mata kiri rasanya berat, merah lagi, agak bengkak kayak orang dipukulin gitu, tapi bukan belek. Kalo belek kan, keluar belek nya alias kotoran yang ada di pelupuk mata. Ini merah, sebenernya berair. Mau periksa tapi males. Berserah diri sama Allah ajah, semoga nih timbil lekas berlalu, Amiin. Biar mata ini lekas bersinar kembali :D

By the way, setelah search Google, timbilen itu juga dikenal dengan nama bintitan. Mungkin kalo di Jawa, namanya Timbilen. Kalo di ibukota biasa di sebut Bintitan.

Hasil search via Google:
- Timbilen atau bintitan ini di ilmu kedokteran, disebut dengan HORDEOLUM.
- Hordeolum adalah suatu infeksi pada kelenjar minyak yang ada di tepi atau di bawah kelopak mata.biasanya terjadi karena kita kurang menjaga kebersihan di daerah sekitar kelopak mata. khususnya pada anak-anak, sering kali takut membersihan daerah itu dengan sabun, karena takut perih.
- Gejala Hordeolum biasanya berawal sebagai kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata. mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu yang mengganjal di matanya.
- Pertolongan pertama yang bisa diberikan buat penderita hordeolum adalah dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 2-4 kali/hari. pokoknya, begitu keliatan ada gejalan timbilen, langsung kompres dengan air hangat, supaya pori2 kulit bisa terbuka dan kotoran bisa keluar, untuk menghindari terjadinya penyumbatan.
- Tindakan pencegahan yang paling efektif adalah selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata. cuci/bersihkan sisa2 minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata dengan menggunakan sabun bayi. lakukan minimal 2 kali sehari.

Tuh kan, gak ada hubungannya ma ngintipin orang mandi and dipipisin cecunguk. Tapi gak ada salahnya juga sih, jangan sekali-sekali ngintipin orang mandi, ma jangan mainan cecunguk!!!

Ya Allah, sembuhkanlah mata kiriku, amiiin.
Hari Minggu kan si bebeb mo ke rumah :)

No comments:

Post a Comment