Still About Immunisation

This image was taken from here!
Imunisasi! Sumpah ya nih kata, akhir-akhir ini terngiang-ngiang terus di benak gue.

Cukup, pokoknya cuma gue aja yang ngalamin imunisasi, suatu hari nanti kalo gue punya anak gak bakalan deh gue bawa ke posyando untuk imunisasi. Sebodo teuing lah ma pemerintah!

Imunisasi itu gak ada jaminannya tubuh makin kebal terhadap penyakit. Justru tubuh yang udah sempurna ketika lahir, jangan ditambah-tambahin lagi. Sesuatu yang ditambah-tambahin itu belom tentu baik.Apalagi yang ditambahin itu vaksin yang terbuat dari suatu penyakit yang dilemahkan, yang diharapkan jadi antibodi biar tubuh makin kebal. Are you sure? Siapa sih pencipta vaksin? *type Google: Vaccine* *The answer: Edward Jenner*

Jaman orde baru dulu, kayaknya imunisasi cuma ditimbang, diukur panjang badan, dikasih bubur kacang ijo, vitamin A, B, C, cuma itu kayaknya. Tapi kalo kata My Mom, kelima anaknya diimunisasi semua. Kekebalan tubuhnya pun beda-beda. Mungkin dulu my Mom, ya gitu, ngikutin program pemerintah. Jaman dulu kan belom ada internet.Wawasan belom seluas sekarang. Berita di tivi sekarang juga lebih terbuka.

Dulu waktu gue SD, gue ngalamin di suntik vaksin cacar sesekolahan. Bekasnya masih ada di lengan kanan. Tapi kenyataannya gue udah 2 kali kena cacar. Bekasnya masih ada, di tangan, di paha, di leher. Kata orang, kalo udah ngalamin sekali cacar air, ya udah sekali aja. Tapi ternyata gue dua kali. Berarti tuh vaksin gak berguna dong?! Vaksin cacar itu namanya Varisela.

Awal tahun ajaran baru kemarin, dari Puskesmas yah Dinas Kesehatan Kecamatan tempat gue tinggal, ada mbak cantik yang dateng ke sekolah, dia bilang mo ngadakan BIAS, singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Sekolah. 'Korban' nya kelas 1 sampai kelas 3. Waktu itu gue belom tau apa-apa tentang vaksin. Jadi ya gue gak peduli.

Beberapa bulan yang lalu juga, murid gue banyak yang kena cacar air, dari kelas 1 SD sampae kelas 3 SMA, tiap kelas pasti ada yang kena cacar air. Jadi, buat apa?! Kalo tetep terkena juga.

Lihat deh tabel di bawah ini:
This image was taken from here!



Banyak banget ya macem vaksin nya. Gak tega ah masukin 10 macem penyakit (yang dilemahkan) ke tubuh bayi yang sekecil dan seimut itu, yang katanya bisa bikin 'kebal'.

Umumnya di Indonesia, begitu bayi lahir langsung di suntik Hepatitis-B. Hadeuh gimana coba, gue ntar kalo hamil mo ngelahirin dimana. Suami gue... Si bebeb, pokoknya ntar kalo punya anak gak usah diimunisasi!!! Imunisasi pake ASI ajah! ^^



Pasti bakalan mikir beberapa kali untuk bawa bayi atau balita ke imunisasi. Maaf yaa...

Dalam Islam ada kok imunisasi, namanya Tahniq. Untuk lengkapnya baca ini: http://medicalera.com/info_answer.php?thread=7934

Jadi, kalo kita hidup berpedoman pada Al Qur'an dan As Sunnah, maka akan lebih baik dan penuh manfaat apabila hidup yang kita jalankan a la Nabi Muhammad SAW. Begitulah kira-kira...

It's your choice, babes! :)

No comments:

Post a Comment