Being an Invigilator, One time! Once!

Hari ini April 5th, 2011. Selasa. 

Pertama kalinya jadi Pengawas Ujian. Cuma ngegantiin Mr. Ayib (salah stau guru yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah di tempat gue mencari nafkah, jadi Pengawas Ujian silang) hari ini aja sih.

MI se Eks Karesidenan Surakarta menyelenggarakan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional ato disingkat UAMBN. Mata pelajarannya ya Aqidah Akhlaq, Qur'an Hadist, Fiqih, Sejarah Kebudayan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. MI se Indonesia sebenarnya yang ujian tapi waktunya berbeda-beda, nah se Eks Karesidenan Surakarta baru mulai Senin kemarin sampai besok Rabu. Yang selanjutnya dari hari Kamis sampai hari Kamis nya lagi, MI melanjutkan ujian buat siswa-siswi kelas 6 ujian yang bernama Ujian Madrasah Ibtida'iyah (kalo SD namanya USek "Ujian Sekolah" deh, kalo gak salah). Mata pelajarannya kecuali yang dijadi'in Ujian Nasional (selain Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia). Termasuk 5 mata pelajaran tadi, ditambah PKn, IPS, Mulok Bahasa Jawa, Mulok Bahasa Inggris, Baca Tulis Al Qur'an (BTA), apa lagi ya.... lupa! hehe 

Padet deh jadwal kelas 6. UN nya sendiri sih masih bulan depan awal bulan Mei, insyaAllah. Ya Allah, semoga murid-murid gue lulus semua!!! Semua murid-murid MI lulus semua yang kelas 6 nya!!! Amiin :)

Hmm, yang mau gue ceritain itu pengalaman gue ngawas ujian di madrasah yang bernama MI Roudlotuzzhidin (MI R) *Sayang, lupa took a pict gerbang school-nya. Jelas warnanya HIJAU! :)*. Beda banget ma MI tempat gue mencari nafkah, MI eN, Negeri! Punya Pemerintah Pusat!

MI R ini lokasinya gak jauh sih, paling cuma sekilo dua kilo an lebih beberapa meter kalo dari rumah naek motor. Tadi pagi gue sebelum menuju ke sana, bikin janji dulu ma one of my mom's cousin, I call her Auntie Mud, kalo hari ini brangkatnya bareng gue aja, pulangnya juga. Jam 7 kurang gue jemput my auntie, tidak lupa salaman dulu ma sister-nya my grandpa (almarhum), I call her "mbah Qom", gak lupa juga godain plus ngisengin son-nya Auntie Mud, si mimi Azmi, yang masih balita hampir 4 tahun. Trus cabut deh ke lokasi yang mo gue awasin siswa-siswi nya pas ujian. Sampai sana gue langsung ketemu ma Bu Wart M.Pd.I (yang jadi pasangan Mr. Ayib buat ngawasin ujian, berhubung beliau harus ngedonorin darahnya hari ini buat sodaranya yang lagi operasi di Jogja, berhalanganlah beliau, gak bisa ngawasin, pak Kepala Sekolah memberikan mandat buat gue gantiin Mr. Ayib sehari ini aja) tuh ibu-ibu suka mencak-mencak kalo titel dia gak dicantumin, hihi. Salaman ma beberapa guru wanita di ruang pengawas. Gak lupa ngerumpi, (hmm...

Bel baru bunyi jam setengah 8. Gue dan Bu Wart M.Pd.I masuk ruang ujian, yang dipake ujian cuma satu kelas dengan peserta ujian 19 siswa (Di MI tempat gue mencari nafkah, ruang ujian yang dipake ada 3 kelas, dengan peserta ujian 46 siswa. Jadi di MI tempat gue mencari nafkah pengawas yang diperlukan sebanyak 6 pengawas, pengawas dari MI tempat gue mencari nafkah yang keluar juga 6 guru). Sebelum peserta masuk ruang, seluruh peserta dibariskan dulu di halaman sekolah oleh Wakil Kepsek (karena pak Kepsek nya masih dalam kondisi pemulihan, habis jatuh dari manjat pohon kelapa, Innalillahiwa inna ilaihi raji'un, cepat sembuh ya Pak) MI R. Gue ma Bu Wart M.Pd.I nunggu mereka di dalem kelas, begitu mereka masuk langsung salaman ma kita berdu'a lalu duduk di tempat masing-masing. 

Gue amazed ma sopan santun mereka. Setelah baris di halaman tadi, masuk kelas pun rapi, yang masuk paling depan salam dulu "Assalamu'alaikum!" "Wa'alaikumsalam", lalu masuk satu-satu terus salaman cium tangan, subhanallah!!! (pengen deh ngebentuk murid-murid gue kayak gitu, berhubung gue gak gitu punya wewenang di MI tempat gue mencari nafkah, yang bisa gue lakukan hanya diam, mana berani gue ngasih usulan di forum pas rapat...). Lalu, berdo'a dipimpin oleh salah satu siswi, siswi! Dia maju ke depan, dia berkata sesuatu yang intinya tentang posisi berdo'a lalu berdo'a, do'anya pun berbeda dari MI tempat gue mencari nafkah, ato karena guru bidang Agama nya lupa ato gak kepikiran karna banyak urusan, ato emang gak peduli. Salah satu do'a mereka ada do'a yang dibaca ketika menghadapi ujian, yaitu QS. ThaaHaa ayat 25 sampai 28 (mau tau buka aja Al Qur'an ). Ketika mereka mengucapkan ayat yang 26 bisa-bisanya gue senyum-senyum sendiri, karna tuh ayat nyebut nama si bebeb hihi (bunyinya: wayassirlii amri). Dan dilanjutkan dengan Asma'ul Husna.

Hari ini ujian Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Meja pengawas ada di depan pojok kiri dan kanan. Gue duduk di pojok kiri. Meja gue kosong, karna ini yang pertama kalinya, maka wajar kalo gue gak tau harus ngapain. Di meja Bu Wart M.Pd.I ada lengkap buku-buku pengawas dan juga data peserta ujian untuk ditandatangani. Jam pertama Ujian Fiqih. Gue bertugas bagian lembar jawaban, Bu Wart M.Pd.I dia bagiin soal ujian. Setelah beberapa waktu bel mulai boleh mengerjakan ujian di mulai, mereka mengucapkan Basmallah "Bismillahirrahmanirrahiim". Gue duduk. Bu Wart M.Pd.I sibuk nulis blanko tandatangan peserta ujian, daripada gak tau ngapain gue kirim sms ke Bu Nurush (yang juga jadi pengawas ujian tapi di MI yang lain) ataopun si @ordinarycan gak lupa juga si Bebeb, hehe. Beberapa saat gue yang ngedarin buku dan blanko tandatangan ke peserta ujian, setelah selesai gue sebagai pengawas nandatanganin kalo peserta semuanya hadir lengkap. Bingung mo ngapain, gue keluar sebentar ke ruang pengawas ambil buku di tas yang gue bawa dari rumah buat jaga-jaga kalo suntuk di ruang ujian. Buku nya mbak Leyla Imtichanah yang berjudul "Pinanglah Aku Jadi Istrimu" belom kelar-kelar gue baca. Dari 233 halaman selama ngawas ujian tadi baru kebaca sampai halaman 134, masih 99 halaman lagi. Bisa sih gue selesaiin hari ini, tapi nulis nih postingan dulu bentar, baru lanjut baca lagi, hehe



Hihi, partner ngawasin ujian saya

Kadang kan ada tuh pengawas yang strict banget, gue sih tadi ngebiarin aja mo mereka bisik-bisik, nyontek, gue di depan mending baca buku ato sms-an, paling bentar-bentar gue ngeliatin mereka. Mo gimana, gak tega aja kalo masih MI setaraf SD, pas pengumuman gak lulus gitu, lagian Bu Wart M.Pd.I yang sangat senior pun gak gitu meduliin mereka bisik-bisik (gue yakin pasti mereka saling nyontek), mungkin beliau ingat kalo anaknya yang sekolah di MI tempat gue mencari nafkah, si Rofan juga lagi ujian. Mikir aja gitu, kalo anaknya gak lulus  karna takut ma pengawas nya kan malah kasihan. Mending biarin aja lah. Yang penting lulus. Hehe, murid-murid gue pa kabar yaaa..... 40% kemampuan cuma rata-rata, bahkan di bawah rata-rata. Gimana yaa? Kasihan kalo baru MI ga lulus. Pasti lulus, amiin. Oia, jangan sama'in ya sekolah SD ato MI yang ada di desa ma di kota, pengetahuan mereka berbeda, bahkan background dari beberapa orang tua pun dari kalangan biasa-biasa aja. Jadi harap maklum kalo perlakuan terhadap mereka agak berbeda. Mereka itu innocent, lugu, bener-bener apa adanya.

Dimana-mana kalo ujian pasti dapet snack. Di MI R tadi gue dapet teh anget, sus kering, arem-arem isi ayam, martabak lipat isi ayam, dan roti gulung yang tadinya gue pikir roti gulung terenak sedunia. Karena lokasi MI R kan deket ma pembuat roti gulung terenak sedunia, ternyata bukan, rasanya biasa ajah (Astaghfirullah Arin, udah disuguhin makanan tuh bersyukur, mending-mending daripada nggak).



Jam setengah 12 lebih 10 menit gue cabut, went home with my auntie Mud. Gue anter dia pulang. 

Alhamdulillah kelar juga amanah pak Kepsek.

Conclusion gue:
1. Administrasi tertib, sama-sama akreditasi A, maannn!!!
2. Menurut gue, murid-muridnya sopan
3. Karna sekolah swasta guru negeri nya pun baru 3 dari 12 guru yang ada di sana
4. Amazed ma do'a mau ujian dan mau pulangnya
5. Andai kata gak ada guru (yang menurut gue cukup sekuler, astghfirullah) tersebut (bukan Bu Wart, M.Pd.I), pasti di MI tempat gue mengajar bener-bener Madrasah Ibtida'iyah yang berbeda dari Sekolah Dasar karna pendidikan Agama-nya. 

 

No comments:

Post a Comment