Registering NPWP: Part 1

NPWP? Pasti udah sering banget ya denger kata NPWP. NPWP apaan sih? Kalo kepanjangannya mah saya ngerti. NPWP itu Nomor Pokok Wajib Pajak. Kebanyakan kita kalo denger kata PAJAK, seringnya dikaitin ma GAYUS TAMBUNAN. Pa kabar ya? Om-om yang satu itu? Berita-nya lenyap gitu aja setelah pemberitaan beralih kasus ke Crop Circle di Bantul bulan January kemaren. Setelah Crop Circle mereda, pindah lagi ke kasus PSSI, yang baru beberapa waktu yang lalu Menegpora kita pak Andi Malarangeng membekukan yang-pengen-terhormat si Nurdin Halid M Top!!! Yeahhh...akhirnya dedek Irfan Bachdim dipanggil lagi ke TimNas. Lama yaaa proses nya? Pemerintah nih gimana sih? Banyak akting? Nah, terus si GAYUS sekarang ngapain dong, gak ada beritanya? Apa jalan-jalan lagi ke Bali, semua keinginannya kan bisa terpenuhi, oh andai ku jadi Gayus Tambunan..... Loh loh malah nyanyi! Whatsoever lah pemerintah, jadi warga negara yang baik aja deh yahh.....

Nah, ceritanya saya, biasa dipanggil ARIN, lagi pengen jadi warga negara yang baik. Tau dong slogan iklan NPWP, "Hari gini tidak punya NPWP? Apa kata dunia!". Slogan nya yang laen, "Orang Bijak Bayar Pajak!" Gara-gara itu tuh, tiba-tiba saya jadi pengen bikin NPWP, biar jadi warga negara yang baik dan bijak, biar gak dikatain ma dunia, masak usia udah lebih dari 21 tahun belom punya NPWP kan gimana gitu. Oleh karena itu, hari ini tadi, tadi siang tepatnya, saya browsing via granpa Google "Cara Membuat NPWP" setelah klik enter di keyboard atau klik serach, ntar pasti banyak banget yang ngasih tau cara pembuatan NPWP.

Pertamanya sih saya tadi masuk ke http://www.pajak.go.id , terus kursor saya arahkan ke agak bawah sebelah kanan ada tulisan Aplikasi Perpajakan, nah saya pilih Pendaftaran NPWP Online, seperti gambar di bawah ini:


Setelah itu, saya masuk ke link ini. Saya klik Petunjuk Pemakaian e-Registration. Itu adalah link buat download Tata Cara Pendaftaran NPWP melalui Internet, file nya dalam bentuk Powerpoint. Setelah saya buka, baca dan saya pahami, saya klik link e-Registration.

Di link tersebut, muncul halaman login kayak kita kalo mo login social network kita. Berhubung saya belom punya account di http://www.pajak.go.id, maka saya klik 'Buat Account Baru'. Saya tinggal ngisi form kayak kalo kita bikin e-mail, setelah terisi semua, klik 'BUAT'. Kalo data yang kita isikan valid, maka pendaftaran account baru selesai, dengan muncul halaman yang bertuliskan 'Account Anda telah terdaftar'.

Tahap selanjutnya, kalo tadi sih kembali ke halaman login. Karena saya udah punya username, tinggil ngisi username ma password yang udah saya buat. Lalu muncul page yang isinya pertanyaan kita mau milih jenis wajib pajak apa. Kalo saya tadi sih milih Orang Pribadi (ada 3 pilihan: Orang Pribadi, Badan dan Bendaharawan). Klik 'LANJUT'. Setelah itu saya mengisi Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi. Yang saya isi yaitu Identitas Umum, Korespondensi dan Wajib Pajak Orang Pribadi. Trus saya klik deh 'DAFTAR'. Muncul deh halaman seperti gambar berikut:


Karena udah muncul kayak gitu berarti data yang saya isikan benar. Selanjutnya klik 'CETAK'. Ada dua dokumen yang dicetak, yaitu:
 
1. Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi

Kira-kira seperti itu

2. Surat Keterangan Terdaftar Sementara


 Setelah itu berkas yang harus saya lengkapi adalah:
1. Fotocopy KTP (buat jaga-jaga saya juga mo bawa kartu keluarga punya ortu saya, di fotocopy juga deh)
2. Surat Keterangan Kerja

Nah, kalo udah insyaAllah besok pagi saya mo ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang udah ditentukan di formulir registrasi ataupun Surat Keterangan Terdaftar Sementara, untuk mendapatkan Kartu NPWP yang asli.

KPP yang ditentukan buat saya nuker berkas permohonan NPWP yaitu di:

KPP Pratama Klaten
Jl. Veteran 82 Barenglor, Klaten Utara
Klaten, 57431

Ok, deh. Kita lihat saja besok. Apa yang bisa saya perbuat dengan berkas-berkas permohonan NPWP tersebut. 

Buat kalian yang usianya lebih dari 21 tahun, gak ada salahnya loh bikin. Siapa tau ntar kapan-kapan bisa ke luar negeri. Lumayan, kalo kita ke luar negeri naek pesawat, kalo punya NPWP, gak perlu lagi deh setor uang dua setengah juta (Pengenaan Pembayaran Fiskal Luar Negeri bagi setiap WNI yang akan bepergian ke LN dengan biaya Fiskal sebesar Rp. 1 juta untuk perjalanan melalui laut dan Rp 2,5 juta untuk perjalanan udara tanpa pengecualian Bebas Fiskal untuk daerah tertentu kecuali telah mempunyai NPWP).

Tapi juga diingat, kalo udah punya NPWP kita punya kewajiban untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan sendiri jumlah pajak yang harus dibayar (self assestment), caranya ya lapor aja (belom ngerti juga, hehe), ntar katanya dikasih Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT, kalo tahunan) maupun pelaporan bulanan (kalo bulanan biasanya udah diurusin deh, masih kurang tau). Dan kalo kita lupa kita akan dikenakan Sanksi Administrasi Denda sebesar Rp.100 ribu untuk laporan bulanan dan Laporan SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi. Pokoknya, asal rajin lapor aja tiap tahun.

Namanya juga usaha jadi Warga Negara yang baek (baca: pengen ke Luar Negeri dengan murah), hehehehe

No comments:

Post a Comment