Hi, how are you?

Assalamu'alaikum semuanya!!!

Hehe, lama nih gak nulis-nulis di blog....
Pa kabar? Semoga kalian semua yang baca senantiasa diberikan kesehatan dan kesejahteraan ma Allah Subhanahu wa ta'ala, amiin *begitu juga yang nulis*

Hmm, kenapa beberapa hari yang lalu gak nulis? Sibuk. Sibuk beres-beres rumah! Hari Sabtu (April 16th, 2011) bersihin kamar mandi, dapur, ruang tamu, yang cukup menghabiskan waktu. Gak ada yang dateng juga paling-paling dua sejoli si @desenese ma @zakianirmala yang mampir balikin buku dan pinjem buku lagi. Tapi kan kalo liat kamar mandi bersih, nongkrong di wese pun pasti betah palagi sambil sms an, wuah bermenit-menit deh! Hari Minggu kemaren, kalo pagi biasa Ahad Pagi, tapi kemarin menu makanannya biasa sih, yang special tempatnya, biasanya pake kertas minyak ma koran a la nasi bungkus kalo kemaren pake tempat makan kayak misal pas kita beli Spaghetti dibawa pulang dan gak lupa teh panas dong!!!


Habis Ahad pagi, ke tempat teteh Wanti (warung yang nyediain kebutuhan sehari-hari, sayur-sayur, beras, telur, cabe, dan semuanya, namanya warung apa ya? lupa!) beli sayur bayem, wortel, tempe, beras, ayam, dan bumbu-bumbu. Ceritanya gue mo masak. Sayang lupa gak gue poto! Yang pertama gue masak sayur bening bayam. 

Begini cara gue masak kemaren:
1. Siapin 1 ikat bayam, ambilin daun ma batangnya dikit aja yang deket-deket ma daun (jangan akarnya, buat apa!)
2. Wortel 2 buah, kupas kulitnya terus potong melingkar agak tipis 

Oia, sebenernya bayam ma wortel dijadiin satu itu gak gitu bagus (tapi kalo sayur bening cuma bayem doang ijo gitu, kan gak keren. Biar agak fullcolor tambahin deh wortel bisa juga tomat atau disuwirin jagung manis, kemaren adanya wortel ya wortel), karena bayem atau wortel itu berasal dari tanah,  jadi dia mengandung Nitrat, kalo kebanyakan dikonsumsi bisa mengakibatkan Hipoksemia atau rendah Oksigen, lebih lengkapnya baca aja infonya di sini! 
3. Bawang merah 4 butir, iris tipis-tipis
4. Sesuatu yang bernama 'kunci' (bilang aja ma yang jual 'mbak, kunci mbak, buat masak bayam segini *tunjukin seikat bayamnya*, ntar di kasih deh) kira-kira 3 senti atau 4 senti, memarin pake pisau kek atau pake ulegan
5. Daun salam selembar
6. Air 3 gelas atau 4 gelas yaaahhhh 600 ml gitu deh, suka-suka lah mo masak seberapa, hehe
7. Terus, didihkan tuh air ke dalam panci di atas kompor yang udah dinyalain barengan ma bawang merah, kunci dan daun salam
8. Beberapa saat hampir-hampir mendidih masukin wortelnya
9. Pas udah mendidih, tambahin garam 1 setengah sendok teh dan gula bersendok-sendok. Maksudnya, pertama gue tambahin gula pasir 1 sendok teh, tapi kok kurang gimana gitu, ditambahin deh 2 sendok lagi tapi dikit-dikit ngasihnya, kira-kira 1 sendok teh full! 
Satu lagi, jangan lupa bayemnya, berhubung dia cuma daun, dimasukin ke dalam air mendidih kalo kelamaan pasti ijonya langsung gak keren. Jadi, paling cuma 15 detik.
10. Matiin deh kompor!

Segerrr!!! Enak!!!

Thanks for Ml3nux yang udah nginstruksi cara-caranya masak sayur bening bayam. Jago deh si Ml3nux ini masak. Masak makanan apa aja bisa. Oia, yang nambahin 2 sendok gula itu si Ml3nux, dia juga yang nyicipin yang bilang kurang gimana :D

Sayus bening bayam was done!

Bikin Tempe Goreng! Biasa aja, bumbunya bawang putih ma garem diuleg, kasih aer secukupnya, tempenya celupin ke tuh bumbu, goreng sampae mateng, angkat, taruh piring!

Terus, buat gue yang doyan pedes (jangan yang pedes banget), gue bikin Sambel Trasi. Sambel yang dikasih trasi. Trasi secukupnya, bakar bentar di api kombor gas aja. Kebetulan di rumah ada seblok trasi dibawain my mom dari Tenggarong, Kalimantan Timur. Kalo gak ada bisa trasi A Be Se yang sachet-an itu setengahnya biar kerasa trasinya. Goreng aja bentar cabe rawit merah 3 (kok dikit? itu aja masih sampae saat gue nulis nih tulisan), cabe rawit besar 1, bawang putih yang kecil 1. Angkat taruh diulegan, tambahin garam sepasnya biar gak keasinan, gula pasir dikiiiit aja, oia trasinya juga. Diuleg jadi satu. Jadi deh, This is it! Sambel trasi seadanya a la Chef Arin Quinn! Hahaha

Menu makan siang, siappp!!!

Malemnya, gue pengen masakin sesuatu buat si Bebeb, karena Senen hari ini dijadwalkan gue ketemu dia, hehe. Gue iseng nyobain salah satu dari ratusan resep yang udah gue download filenya dalam bentuk powerpoint. Ini dia resepnya, 'Ayam Suwir Pedas'.





Gue masak agak sesuai tuh resep, bedanya gue pake ayam bagian paha tapi cuma 250gr kira-kira, dan hasil akhirnya berwarna coklat karna kecap, kalo itu gambar kan merah kecoklatan.

Berhubung mulai hari Senin ini, kelas 6 di sekolahan tempat gue ngajar pelajarannya cuma 3 mata pelajaran: Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA *pelajaran yang lain udah selesai*, dan gue kalo hari Senin biasanya cuma ngajar Bahasa Inggris kelas 6A dan 6B, jadi hari ini gue nganggur, tapi tetep ke sekolahan bentar sampae jam 10 lah, mo pulang juga udah agak pantes kalo jam segitu. Siap-siap bentar di rumah tidak lupa juga manasin Ayam Suwir Pedes nya terus masukin ke tupperware, jam sebelas kurang seperempatan cabut ke Terminal Klaten, nitipin si Vegaceria. Cabut deh ke Jogja naik bis.

Jam 12 pas gue sampae di bawah Jembatan fly over Janti, dijemput si Bebeb. Karena udah siang dan dari pagi gue belom makan, langsung menuju tempat makan yang udah lumayan lama gue pengen ke sana. Tempat makannya namanya "LELE SAURUS" yang berada di Jl. Menteri Supeno No. 86 Jogja


Salah satu halaman daftar menunya
Gue pesen Lele Bakar Madu, si Bebeb pesen Lele Bakar Saos Tiram. Lelenya ukuran biasa aja. Kalo yang Saurus, 1 nya kira-kira seberat setengah kilo, wuahhh, mau bangettt sebenernya, tapi itu paling cocok dibawa pulang!!!


Lele Bakar Madu pesenan gue :)
Lele Bakar Madu Rp. 9000
Lele Bakar Saos Tiram Rp. 8000
Nasi dua porsi @Rp. 2000 x 2 = Rp. 4000
Tempe Goreng Rp. 2500
Teh Botol dua @Rp. 2500 x 2 = 5000
Air putih, kalo bayar Rp. 1000
Jadi, totalnya kalo gak Rp. 28500 ya Rp. 29500.

Gak ngerti, si Bebeb yang bayar, makasih yaaa udah ngenyangin perut akuuh!!!

Udah kenyang nih, next, kita kan belom sholat dhuhur. Jadi kita menuju masjid di deket parkiran Pasar Beringharjo. Nama masjidnya "Al Muttaqien", gede, luas, tempat wudhunya pisah, dan luaassss juga.

Setelah itu, liat-liat kain, jalan-jalan keliling Malioboro, ya jalan doang *eh liat ada yang jual Es Duren, mau bangettt!!! Beli deh, tapi si Bebeb nggak, masih kenyang katanya*.

Es Duren, nyam-nyam!
Pada ujungnya liat-liat juga di Pasar Beringharjo. Banyak tuh di sana batik yang udah jadi atau pun kain batik yang belom jadi masih gulungan. Tapi kok harganya agak mahal ya, mau nawar males ahh lagian belom nemu yang sreg. Si Bebeb pun sms ke temennya yang penjual dan produsen Batik dan Kain Batik asal Pekalongan. Lalu, kita ke sana liat-liat. Bingung, bagus-bagus. Akhirnya gue pesen aja kain yang bahannya kayak baju yang udah gue pilih. Kain aja biar bisa dibikin sesuai selera. Pesen dua potong, gue satu si Bebeb satu. Harga per potongnya cuma Rp.30ribu, muraahhhh!!! Rencana mo dipake sarimbitan ke kondangan :D

Hmm, bulan Mei dijadwalkan menghadiri dua pernikahan. Tanggal 1 Mei rencana mo kondangan ke nikahannya temen SMP gue si Uki di Semarang. Tanggal 15 Mei ke Tulung, Klaten, nikahannya temennya si Bebeb. Karena cuma di Tulung, gue bersedia nemenin, hehe dia aja ke Semarang mau nemenin, masak yang cuma di Klaten gak mau :D

Pesen batik selesai, jam 4 kurang gue dianter ke Babarsari untuk went home ke Karanganom. Hampir kelupaan, Ayam Suwir Pedesnya! Gue kasihin ajah. Kata si Bebeb via sms:

"Masakan km enak apalgi pedes tmbh enak tp blum aq hbsin buat ntar mlm makan"
"Mksh ya sayang"

Hehehehe, sukses!!!
Gue tau kok, dia bakalan bilang gak enak kalo emang gak enak, ya kan Beb! :D

Begitulah hari ini. Awesome Monday!


No comments:

Post a Comment