Cooking Chicken Scratches!?

Masakan untuk hari ini adalah Ceker Ayam Kecap :)

Karena kemaren habis dibeliin si bebeb ceker ayam setengah kilo (dimasukin kulkas dulu tentunya), maka itulah menu makan hari ini, berbahan dasar ceker ayam.

Untuk sebagian orang, yang terlintas di pikiran setelah mendengar kata ceker ayam pasti kakinya ayam yang dipake ma ayam buat nyari-nyari makanan entah di tempat yang bersih atau tempat yang kotor. Kebanyakan tempat yang kotor sih. Tapi kalo buat gue, kalo disuruh milih daging ayam ma ceker ayam, gue lebih milih ceker ayam. Karena gak ada dagingnya. Ceker ayam itu bikin nagih! Gak cukup kalo cuma makan satu, harus lebih dari satu. Terutama kalo dibikin sop, sop ceker ayam, euuuhhhh seger banget! Atau topping-nya mie ayam, wuaahhh!

Cakar ayam itu bagus loh untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam ceker ayam itu:

  1. Kandungan zat kolagen pada ceker ayam setara aktivitasnya dengan obat antihipertensi golongan ACE-inhibitor. Ceker ayam baik untuk penderita hipertensi.
  2. Kandungan zat kapur dan sejumlah mineral juga terdapat pada ceker ayam. Sehingga orang yang menderita rematik dianjurkan makan ceker ayam.
  3. Kandungan Hydroxyapatite yang merupakan salah satu makanan untuk tulang juga terdapat dalam ceker ayam. Karena itu, mengkomsumsi ceker ayam selain dapat memelihara kekuatan tulang, mencegah osteoporosis dan juga menjaga elastisitas kulit.
  4. Kandungan protein kolagen dalam ceker ayam juga sangat bagus buat pertumbuhan balita. Karena protein kolagen ayam memiliki antigen yang bersifat imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.*

 Tuh kan... Ceker ayam itu makanan yang keren. Kalo punya anak, sering-sering deh kasih ceker ayam, bagus untuk pertumbuhan!

Nah, biar terhindar dari osteoporosis, hihi, tadi siang gue masak ceker ayam kecap.

Bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan untuk memasak setengah kilo ceker ayam (ada sekitar 13 pasang) dengan cara gue, hehe:
- 1 sendok makan merica
- 5 buah kemiri
- 7 buah bawang putih
- 6 siung Bawang merah
- 1 ruas kunyit
- Garam sepasnya kira-kira
Keenam bahan tersebut diuleg, kalo punya blender atau food processor, silahkan manfaatkan, daripada capek-capek nguleg. Cuma ya, kayaknya taste nya lebih mantaps kalo diuleg pake tangan :)

Bahan yang lain:
- 1 ruas ibu jari jahe, memarkan
- Sebotol kecap manis (gak dipake semuanya, siapin aja...)
- 1 batang serai, memarkan
- Sedikit gula jawa secukupnya

Oia, sebelumnya, cakarnya direbus dulu. Biar berasa a little bit salty atau gurih, ngerebusnya airnya dicampur dengan ulekan 1 siung bawang putih ma sedikit garam, tunggu sampae
mendidih, habis itu dimatikan kompornya. Tunggu sebentar sampae bahan-bahan lain yang diperlukan siap.

Siapkan wajan, taruh atas kompor.
Tuang sedikit minyak untuk menumis bumbu. Nyalakan kompor, tunggu sampae minyak siap. Kalo udah, tuang bumbu yang udah diuleg tadi ke dalam wajan. Tumis tumis sampae wangi. Karena gue takut kecipratan minyak nya, tumisan bumbu itu gue tambahin cairan kaldu dari air rebusan cakar. Kira-kira 3 sendok sayur. Kalo udah yakin, masukin semua ceker-nya ke wajan, aduk-aduk biar rata ma bumbunya, masukin jahe, serai, gula jawa, aduk-aduk lagi. Tambahkan kecap sepasnya. Aduk-aduk sampae rata. Rasakan! Kalo sedikit keasinan, tambahin kecap lagi sedikit. Begitu yakin nih ceker ayam udah matang, matikan kompor! Rasanya dijamin yummyyy! 

Nih, hasil masak tadi siang. Dimasak penuh dengan cinta ^^


Honestly, it was my first time cooking Ceker Ayam Kecap. And the taste was not dissapointed. It's quite delicious! 

Sampae selesai nulis ini, gue udah makan 8 ceker! 
Bagus untuk pertumbuhan :P

Terimakasih untuk bebebkuuh yang udah beliin ceker ayam ma terimakasih juga untuk Alfi Ramdhani yang udah ngasih tau bumbunya apa aja.

What next?

No comments:

Post a Comment