Demanding Schedule

Ya Allah, kegiatan hari ini lumayan bikin capek. Tuesday, March 23rd, 2011.

Bangun tidur, jam setengah 5 pagi ditelpon si bebeb suruh sholat Shubuh, tapi tadi pagi kenyataan baru sholat Shubuh jam 5, maaf bebebkuuh! Ngantuk sih. Pasti dia dalem hati ketawa gitu denger suara gue tiap ditelponin pas Shubuh-Shubuh, cuma ngejawab "heuh", "iyaaaa......", "............" "Zzzzzzzz.....".

Terus ngeprint lembar penilaian buat ujian praktek Pelajaran Bahasa Inggris kelas 6AB, beli sarapan.

Ke school jam 7 pagi. Karena hari ini ujian praktek kelas 6 maka jadwal gue tiap hari Rabu jam 7:15 harusnya ngajar PKn kelas 4B, mereka yang kelas 4B cuma gue kasih tugas aja, lagian cuma sejam pelajaran.

Kalo ujian praktek Bahasa, pasti ada penilaian tentang Speaking (berbicara), Writing (menulis), Reading (membaca), ma Listening (mendengarkan). Kalo Speaking menurut kisi-kisi di suruh hafalan terjemahan Surat Al Ikhlas English version, Writing gue suruh menulis How to Cook Instant Fried Noodle (secara gue penikmat Indomie, wajar gitu, hihi), kalo Reading gue suruh membaca "A Myth of Kanjeng Ratu Kidul", dan Listening gue perintah buat nentukan Wind Direction.

Writing test: gue biarin nengok-nengok asal gak berisik
Itu suasana ujian di kelas 6A. Mereka pake seragam olah raga karena jam pertama mereka ujian praktek Penjaskes.

Si Fian lagi Reading Test
Si Fian ini hadeuh, gimana ya, sebenernya dia baca gak gitu lancar, karena cara baca kalimat "Kanjeng Ratu Kidul or her army will take them to her kingdom. People say that Kanjeng Ratu Kidul needs them to be her army", dia gue kasih nilai tersendiri, hihi Why? Karena dia baca kata "army" berubah jadi kata "amri". (Hehehehehehehe, bebebkuuuh!!!

Menurut gue sih, penilaian itu gak cuma dari soal-soal yang mereka kerjakan, tapi juga bisa dilihat dari keseharian mereka gimana, sosial dia gimana. Emang sih ngasih nilai itu gampang sebenernya. Tapi masak kita kalo jadi guru setaraf SD (MI, kayak gue) mo rela gitu aja ngasih nilai yang fiktif untuk mereka tapi kenyataan mereka gak bisa apa-apa pas di SMP nya. Oohhh tidak! Gue gimana caranya membantu mereka dengan waktu tersendiri pas di kelas buat ngajarin mereka. Sampae mencapai ketuntasan minimal. Gak papalah minimal. Ini dalam context setaraf kelas 6 SD, ya. Walau kadang gue sering ngasih gambaran yang aneh-aneh untuk mereka, gue kadang suka nge-down in mereka tapi habis itu gue sayang-sayang, gue naikin lagi mood nya, hehe, biar dia respect dikit ma gue. Biar dia juga bisa bertanggungjawab untuk dirinya sendiri. 

Gue sih bisa aja cerewet dikit ma murid-murid gue tapi kalo diajakin ngomong dari hati ke hati ma si bebeb gak pernah bisa. Itu kelemahan saya :( Ya mo gimana, kalo cinta sih gak bakalan bisa ngasih alesan, kalo hatinya sakit dikit, pasti yang keluar mah, nangis :P

yah begitulah....

Kembali ke Ujian Praktek. Hambatan itu tetep aja ada. Di Speaking. Hafalan! Dari kelas 6B si Kosi ma Andrian sampai bikin gue nahan buat nangis, mereka takut banget sih gak lulus. Tapi pelan-pelan si Kosi bisa juga. entahlah si Andrian. Hikz. Kalo di 6A malah lebih banyak, ada Etik, Fian, Ilham, Dhea dan Risa. Tapi pada akhirnya Etik gue lolosin, Dhea gue tungguin sampae bener-bener hafal , dia bisa. Ilham, tetangga sebelah rumah, karna tuh anak hobi caper ma gue, terserah dia lah, gue nilai apa adanya (mentang-mentang gue tetangganya terus dia mau seenaknya gitu, oooh tidak bisa! tapi tetep aja gue kasihan, SKM gue Bahasa Inggris sih: 60). Risa dan Fian, gue kasihani ajah, susah banget lama gak hapal-hapal harusnya jam 11 waktu habis, yang lain udah gue suruh pulang,masih mereka berdua yang belum hapal sampa jam 11:20 akhirnya gue kasih tugas ajah, tulis tuh 10x Surat Al Ikhlas English Version. Mana besok paginya mereka kelas 6A ujian praktek pelajaran Al Qur'an Hadist, hafalan Surat Al Bayinnah ma Hadist tentang Amal Sholeh. Al Bayinnah walo 8 ayat tapi panjang-panjang. Gue yakin kalo anak-anak Madrasah Ibtida'iyah pasti bisa hafal semua. Kan ada contrengan tahfidz (untuk kelas 6, ada menyimak hafalan juz 30, setiap siswa punya selembar kartu hafalan yang dikasihkan ke guru pas dia lagi disimak hafalannya, ntar kalo udah hafal baru deh di contreng dan ditandatangani ma gurunya). Kumaha eta barudak mah, jujur ari abi teh disuruh hafalan mah suka! hehehe

Ya Allah, my kiddoz! Berikanlah keajaibanmu pada mereka agar mereka bisa lulus semua, dan bisa meneruskan ke tingkat SMP sampae berikutnya!!!

Habis ujian praktek, langsung ikut rapat. Sebenarnya tuh rapat dari jam 10 an, karena nguji praktek jadi ya gue baru ngikut jam setengah 12 nya dan belom selesai. Kalo di undangan sih, rapat membahas rehabilitasi gedung sekolahan, tau tuh proyek dari pemerintah ratusan juta! Selain itu juga membahas PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), dan membahas segala macem ujian untuk kelas 6! Padet jadwal nya!!! Good Luck ya anak-anak ku! Berhubung masuk ruang rapat gue duduk di belakang dan langsung di kasih nasi kardusan ma teh panas, ya udah gue makan aja langsung, capek dan laper bo'!!!

Ayam Bakar, lalapannya gue singkirin


Rapat baru selesai jam setengah 2. Ya Allah, gue udah yang kepengen banget went home, belum sholat. Begitu selesai langsung gue cabut, sampae rumah ganti baju, nyuci seragam yang buat besok pagi (hari Jum'at) baru sholat, Astaghfirullah.

Jam 4 sore ngajar TPA, sekarang nulis deh nih blog. Aaaahhh, masih ada deadline dari klien gue (I'm not gonna tell here. Maybe some parts of you know about it)!!! 

Sekarang, hujan.

06:04 PM
Sholat Maghrib heula.

No comments:

Post a Comment